GWK-Garuda Wisnu Kencana

GWK Amphie Teater

Garuda Wisnu Kencana atau biasa disebut GWK merupakan sebuah taman cagar budaya yang akan di jadikan land mark atau maskot daripada pulau Bali. di GWK Cultural Park ini akan di berdirikan patung Dewa Wisnu dengan ukuran yang sangat besar dengan Garuda yang sedang di tungganginya,
di situ juga dibuat sebuah ruangan besar dimana pengunjung nantinya akan bisa memasuki ruangan itu untuk melihat koleksi dari karya seni dan warisan budaya yang ada di seantero pulau Bali.
Sebuah akses menuju puncak terdekat patung juga akan dibuat untuk memanjakan pengunjung menikmati panorama pulau Bali dari kawasan selatan.

GWK berdiri dilahan kurang lebih hampir 300 hektar dan berada di kawasan bukit di bagian selatan pulau Bali yang merupakan kawasan tertinggi di bagian selatan yang menghadap ke utara pulau dengan tinggi rata2 wilayah 200meter dpl, dari ketinggian ini kita sudah bisa menikmati panorama kota denpasar, pantai Kuta, pantai Jimbaran, teluk Benoa dan Tanjung benoa dan beberapa tempat lainnya dengan mata telanjang. Nantinya dari view point yang ada di ketinggian patung GWK akan di buatkan sebuat teropong hingga pengunjung bisa lebih jelas melihat pemandangan dari sisi selatan pulau Bali.

Patung Gwk di rancang oleh Nyoman Nuarta beliau adalah seniman patung bali yang memiliki talenta untuk membuat karya karya agung, GWK sendiri di kerjakan di Bandung dengan bantuan ITB untuk proses pembuatannya, bahan yang digunakan untuk membuat patung GWK adalah perunggu berbentuk lempengan lempengan yang di rancang sedemikian rumitnya hingga saat disatukan nantinya akan menciptakan sebuah karakter Garuda yang sedang di Tunggangi oleh dewa Wisnu.

Proyek GWK masih belum selesai saat ini, sehingga kita baru bisa menikmati cipta karya ini sebagian saja yaitu Badan dewa Wisnu dan kepala sang Garuda dimana kedua bagian patung ini masih dalam keadaan terpisah. selain itu untuk memberikan nilai tambah tempat ini bagi para pengunjung juga di sajikan tari2an tradisional Bali yang di adakan dalam gedung teater yang ada di kawasan ini dengan jadwal setiap jam. beberapa restaurant dan kedai2 juga ada di kawasan GWK sehingga pengunjung akan betah berlama lama di dalam areal GWK dan masih banyak hal menarik lainnya yang anda bisa dapati disi.. penasaran??? yuk kita kunjungi areal taman budaya yang megah ini...