Pantai Kuta



Pantai Kuta terletak di kecamatan Kuta, sebelah selatan Kota Denpasar, Bali. Pantai ini merupakan sebuah tujuan wisata dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal tahun 1970-an.

Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam yang berbeda dengan pantai Sanur dengan matahari terbitnya.
Awalnya Pantai Kuta merupakan sebuah pelabuhan dagang tempat produk lokal diperdagangkan kepada pembeli dari luar Bali. Pada abad ke-19, Mads Lange, seorang pedagang Denmark, datang ke Bali dan mendirikan basis perdagangan di Kuta. Ia ahli bernegosiasi sehingga dirinya terkenal diantara raja-raja Bali dan Belanda. Selanjutnya, Hugh Mahbett menerbitkan sebuah buku berjudul “Praise to Kuta” yang berisi ajakan kepada masyarakat setempat untuk menyiapkan fasilitas akomodasi wisata. Tujuannya untuk mengantisipasi ledakan wisatawan yang berkunjung ke Bali. Buku itu kemudian menginspirasi banyak orang untuk membangun fasilitas wisata seperti penginapan, restoran dan tempat hiburan.
Pantai Kuta terkenal memiliki ombak yang bagus untuk olahraga selancar (surfing), terutama bagi pemula. Selain keindahan pantainya, Kuta juga daerah tujuan shopping dan hiburan karna dikawasan ini terdapat banyak pertokoan dan juga pusat2 hiburan