Pantai Pandawa


Pantai Pandawa
Pantai Pandawa adalah salah satu kawasan wisata di area Kuta selatan, Kabupaten Badung, Bali tepatnya di desa Kutuh. Pantai ini terletak di balik perbukitan dan sering disebut sebagai Pantai Rahasia (Secret Beach) karna mulanya pantai ini terletak di balik bukit yang terjal curam dan tinggi sehingga sangat susah untuk mengakses pantai Pandawa ini.

Di jalan yang menuju pantai Pandawa terdapat dua tebing yang sangat besar dimana tebing ini adalah bukit yang dibelah untuk membuat akses menuju ke pantai dengan tujuan pengembangan untuk wisata di desa kutuh dengan objek pantai yang sangat menawan ini, pada salah satu sisi tebing  dipahat lima patung Pandawa dan Kunti. Keenam patung tersebut secarara berurutan (dari posisi tertinggi) diberi penejasan nama Dewi Kunti, Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sahadewa. Selain untuk tujuan wisata dan olahraga air, pantai ini juga dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut karena kontur pantai yang landai dan ombak yang tidak sampai ke garis pantai. Cukup banyak wisatawan yang melakukan paralayang dari Bukit Timbis hingga ke Pantai Pandawa.
Saat ini walaupun pantai Pandawa tidak lagi sebagai pantai tersembunyi namun keindahan pantai pandawa dan tebing tebing di sekelilingnya cukup membuat kita merasa berada di pantai yang paling indah.